Ayunan Langgen Kaligawe, Tempat Mainnya Para Bocil

Kali ini saya akan menceritakan awal mula dibuatnya ayunan di kebon samping rumah. Tepatnya di Langgen Kaligawe, Kec. Talang, Tegal.

Gambar di atas merupakan ilustrasi saja. Bukan gambar yang sebenarnya dari bentuk asli ayunan Langgen Kaligawe.

Dulu, awal mula dibuat beberapa ayunan di sini hanya karena ingin meng-upgrade ayunan yang sudah dibuat para bocil kaligawe. Ayunan yang dibuat para bocil ini bentuknya ala kadarnya saja.

Berbahan tali tambang pramuka bekas, dan karung beras yang sudah menjadi bekas dari wadah paket.

Bisa dibayangkan, hanya berbekal tali bekas dan karung beras yang diikat di dua ujungnya (kanan dan kiri), kemudian ujung tali lainnya diikatkan ke pohon yang berdampingan. Berdiri menjadi tiang ayunan.

Namun, karena dibuat ala kadarnya saja oleh bocil, alhasil ayunan yang dibuat sering copot atau turun sebelah.

Dari keprihatinan itulah, saya berinisiatif membuatkan ayunan yang sedikit lebih pro

Saya beli tambang yang lumayan kuat dengan panjang lebih dari cukup untuk membuat beberapa ayunan. Jadi nantinya, main ayunannya gak perlu ngantri. Tinggal pilih aja yang bocil suka.

Mulai dari ayunan beralaskan kayu, ban motor yang hanya digantungkan satu tambang ke ranting pohon. Serta sayunan dari ban bekas mobil yang tempat duduknya sengaja dipotong menggunakan grenda sehingga jadi bentuk seperti ini.

Harga dari ban bekas mobil ini cukup murah, hanya 5ribuan saja per satu ban mobil. Bahkan pernah saya mau beli, tapi malah dikasih gratis sama yang punya. Karena memang ban bekas ini sudah gak dipake plus sudah makan tempat. Jadi sekalian ngebuang sampah ban mobil bekas juga sih.

Tali tambang yang saya gunakan cukup murah, karena saya beli di toko milik sahabat saya. Jadi saya bisa dapat harga murah, sekitar 2 ribu per meter-nya. Saya beli sekitar 20 meter, itu pun saya bayar tempo klo sudah ada duitnya. hehe

Sejak adanya ayunan yang sudah saya upgrade  dan tambahkan jumlahnya, kini banyak bocil yang main di sini, bukan hanya bocil kaligawe, melainkan bocil-bocil dari blok lain dan dari desa tetangga juga sering dateng untuk sekedar main ayunan saja.

Dari beberapa jenis ayunan yang saya buat, hanya ayunan ban bekas motor saja yang paling mudah dibuat. Tinggal iket tali ke ban kemudian tali-nya diiket ke ranting pohon yang cukup tinggi. Jadi deh. Simpel dan cepat jadi.

Jika kalian ingin membuat ayunan di rumah, kalian bisa coba pake ayunan yang paling sederhana. Gak perlu yang bahannya susah. Cukup pakai tali tambang dan sarung aja sudah bisa jadi ayunan loh.

Add a Comment

Your email address will not be published.